Thursday, March 14, 2013

Tips Menerbangkan RC Airplanes Jet


(ilustrasi)
RC airplanes jet (pesawat rc jet) memilki performa dan karakter yang berbeda dengan pesawat RC yang bermesin propeller. Dari segi fisik perbedaan keduanya tampak dengan jelas pada engine/mesin yang dipasang. Perbedaan juga dapat dilihat dari besarnya sudut sweep back sayap. Sehingga ditinjau dari beberapa aspek, tentunya kedua pesawat rc ini masing-masing memiliki ciri yang unik.

Secara umum mesin jet mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar dari pada mesin propeller, sehingga pesawat rc jet dapat mengudara dengan kecepatan relatif lebih tinggi. Kecepatan yang tinggi ini mengakibatkan kebutuhan akan landasan yang lebih besar dan radius putar yang besar juga.

Setelah mengetahui karakter dasar dari pesawat ini, maka anda perlu menyesuaikan teknik dalam memainkannya. Anda dituntut untuk lebih konsentrasi serta jangan lupa untuk memperhatikan kondisi lingkungan sekitar. Saat memainkan pesawat rc jet biasanya itu memerlukan tempat yang lebih luas sebab akan cukup sulit bagi anda untuk mengendalikannya dalam areal yang sempit sebab kecepatan terbang yang tinggi mengharuskan pesawat ini memerlukan radius putar yang lebih panjang.

Berdasarkan pantauan di situs youtube dot com, jenis pesawat rc ini berukuran besar sehingga benar-benar dibutuhkan kehati-hatian penuh dalam memainkannya. Sebab akan berakibat fatal apabila pesawat berukuran besar yang anda mainkan jatuh dan menimpa sesuatu objek yang ada di bawah.

Selebihnya sebenarnya tak ada tips khusus kecuali agar anda berhati-hati dan mencari tanah lapang yang luas, itu saja. Sebab penulis terus terang saja belum pernah memiliki pesawat rc jet, apalagi memegang dan memainkannya. Hanya saja pernah beberapa kali melihat anak-anak kampus dulu menerbangkan pesawat rc yang dipegang pakai semacam tali atau kabel, dan melihat pertunjukan atraksi helikopter rc waktu masih kuliah dulu.

Jadi selama ini penulis paling lihatnya cuma dari youtube saja khusus untuk pesawat rc jet ini. Di Indonesia sendiri mungkin jarang sekali ada yang memiliki pesawat rc jet ini karena sepertinya memang jauh lebih mahal harganya daripada yang memakai mesin propeller. Nah itulah sekilas gambaran yang saya peroleh terkait game berkelas ini. Semoga ke depan tulisan saya berikutnya bisa lebih menarik dan berkualitas lagi. Silahkan dikomentari.. 



Artikel terkait :

No comments:

Post a Comment