Saturday, March 7, 2015

Terbang Semarang Karimunjawa (bandara dewandaru)

bandara-dewandaru
Ujung Landasan Bandara Dewandaru
Semarang Karimunjawa - Dari Semarang ke Kepulauan Karimunjawa nan indah ternyata dapat ditempuh menggunakan jasa transportasi udara yang saat ini telah disediakan oleh perusahaan White Sky Aviation dengan biaya perorang sekitar 200 usd. Namun itu harga pulang pergi atau sekali jalan saja penulis kurang tahu. Biaya segitu terhitung sangat mahal terutama bila dibandingkan dengan jarak tempuh penerbangan yang tak sampai 30 menit.
 
Beberapa waktu kemarin sempat maskapai Trigana Air mengungkapkan hasratnya untuk menerbangi rute perintis itu namun dengan syarat mendapatkan subsidi dari pemerintah. Namun agaknya pemerintah belum bisa memenuhi permintaan pihak Trigana Air. Mungkin karena maskapai tersebut bukan perusahaan pelat merah melainkan swasta.

Seandanya ada penerbangan reguler dari Ahmad Yani menuju ke Bandara Dewandaru tentu harga tiket akan jauh berkurang dari angka 200 usd. Seharusnya pemerintah kalau memang tidak mau memberikan subsidi ke Trigana Air dapat mengambil alternatif lain yaitu dengan mengoperasikan pesawat milik pemerintah sendiri. 

bandara-dewandaru
Tampak Dari Atas
Sebab sekarang Bandara di desa Kemujan telah diperpanjang Landasannya hingga menjadi 1200 meter dimana itu sudah cukup didarati oleh pesawat sejenis ATR-42 sebagaimana yang dimilkiki Trigana Air.

Hanya saja pemerintah perlu mempersiapkan segala sesuatu terkait dampak sosial yang bakal timbul tatkala Karimunjawa menjadi ramai oleh Turis baik lokal maupun Asing. Artinya pemerintah mesti mengantisipasi dampak buruk yang mesti terjadi. Aduh, kapan ya bisa terbang ke Karimunjawa.


Tulisanku yang lain :

 
 

No comments:

Post a Comment