Friday, February 22, 2013

Visi Misi Sekolah Penerbangan Yang Sulit Terwujud


Sekolah penerbangan merupakan lembaga pendidikan yang memusatkan program studinya pada ilmu pengetahuan yang membahas tentang dunia penerbangan khususnya yang berkaitan dengan pesawat terbang. Sekolah jenis ini biasanya dimulai sejak tingkat sma hingga sarjana. Keberadaan sekolah penerbangan ini ditengarai sebagai upaya untuk mendukung kemajuan industri dirgantara yang demikian pesat.

Untuk lebih memaksimalkan dan lebih memfokuskan tingkat keilmuan yang didapatkan, maka sekolah biasanya mendorong para siswa untuk mengambil keahlian tertentu, misalnya airframe, engine (power plan), menejemen, atau perancangan pesawat terbang. Meskipun demikian, para siswa yang berbeda-beda jurusan tersebut pada awalnya tetap mendapatkan pengetahuan dasar yang sama yang secara umum berkaitan tentang dunia penerbangan. Ilmu ilmu dasar tersebut antara lain matematika dasar, fisika dasar, aerodinamika dasar, pengetahuan dasar penerbangan dan lain-lain.

Selain teori, sekolah penerbangan juga menunjang program pembelajaran dengan sejumlah praktikum. Dalam hal penempatan kerja, lulusan smk penerbangan biasanya akan direkrut sebagai staf perawatan atau mechanik. Sedangkan dari perguruan tinggi umumnya bekerja di bagian engineering. Karir kerja akan terus meningkat seiring dengan tingkat kedisipinan, lama kerja, serta berbagai sertifikat yang didapatkan dari lembaga-lembaga pelatihan.

Beberapa contoh sekolah tinggi penerbangan di indonesia yaitu seperti STTA Yogyakarta, STTKD Yogyakarta, UNSURYA Jakarta, Universitas Nurtonio serta STPI Curug. Sedangkan di level SMK, biasanya sekolah ini berada di kota yang mana di sana terdapat Lapangan Terbang. Tertarik kah anda meniti karir di dunia penerbangan ?

Bila rekan semua tertarik berkarir di dunia penerbangan maka diperlukan perencanaan yang mengarah ke sana. Kalau dana pas-pasan maka lebih baik bersekolah di sekolah menengak kejuruan (SMK) yang berkaitan dengan penerbangan saja. Smk penerbangan bisa ditemukan misalnya seperti di daerah Yogyakarta, Semarang, Jakarta, dan kota-kota lainnya. Begitu lulus anda langsung bisa mencoba melamar pekerjaan di maskapai lokal ataupun mengikuti program pembuatan licence dasar terlebih dahulu.

Bila ada uang berlebih anda bisa kuliah di kampus-kampus yang ada jurusan penerbangannya dengan atau tanpa terlebih dahulu sekolah di SMK. Di sana nantinya rekan semua akan dipersiapkan menjadi tenaga profesional ataupun ahli di bidang penerbangan. Baca juga postingan tentang tanaman apotek hidup.



Baca juga :





No comments:

Post a Comment