Sunday, February 17, 2013

Mengenal Flight Control Pesawat Terbang



(Ilustrasi - flight control pesawat Terbang)

Barangkali di antara kita ada yang pernah berpikir bagaimana sebuah pesawat dapat bergerak naik, turun, bahkan berbelok. Tentu saja ada peralatan dan sistem yang mampu menyebabkan gerakan tersebut. Kalau pada sebuah mobil, maka roda depan adalah instrumen yang mengendalikan kendaraan tersebut. Lalu bagaimana dengan pesawat terbang ?

Gerakan (manuver) pada pesawat terbang dikontrol oleh beberapa komponen yang disebut dengan Flight Control. Sederhananya, Flight control pesawat terbang merupakan komponen pada pesawat yang berfungsi mengendalikan gerakan sebuah pesawat baik saat di darat maupun di udara. Komponen komponen ini setidaknya terdiri dari dua pasang elevator, dua pasang aileron dan sebuah rudder. Ketiga komponen ini digerakkan oleh pilot dari dalam kokpit dalam rangka untuk melakukan manuver tertentu.

Penjelasan lebih rincinya adalah sebagai berikut. Dua pasang elevator yang terpasang di sayap belakang berfungsi melakukan gerakan pada sumbu lateral. Gerakan ini lebih dikenal dengan istilah pitching. Sedangkan dua pasang aileron pada sayap utama digunakan untuk melakukan gerakan rolling. Rolling yaitu gerakan pesawat udara pada sumbu longitudinal. Rudder terpasang pada ekor vertikal pesawat. Gerakan alat ini menyebabkan pesawat bergerak pada sumbu vertikalnya. Gerakan ini lebih dikenal dengan gerakan yawing.

Flight Control sangat penting dalam penerbangan sehingga sebelum terbang, komponen-komponen ini akan dicek oleh pilot dan disaksikan oleh seorang mekanik. Bila ada salah satu komponen yang macet maka pesawat tidak diijinkan terbang sebelum mendapatkan perbaikan.

Pesawat terbang merupakan sebuah alat yang penuh dengan regulasi (aturan) serta penuh dengan teknologi tinggi. Makanya dalam menjaga dan merawat sistemnya tak boleh main-main. Dengan kata lain pihak operator harus memperhatikan betul aturan-aturan baik yang datang dari vendor, dari pabrik pembuat maupun daru pihak otoritas penerbangan yang berkaitan. Sudah selayaknya pula pemeliharaan pesawat terbang oleh operator selalu diawasi oleh pemerintah setempat untuk memastikan pesawat tersebut mampu terbang dengan keamanan yang bersifat standar.

Dengan demikian calon penumpang akan merasa aman dan keamanan mereka benar-benar terjaga. Pihak maskapai penerbangan juga akan terhindar dari kerugian akibat gagalnya salah satu sistem pesawat terbang yang bisa menyebabkan pesawat gagal beroperasi maupun yang menyebabkan pesawat mengalami kecelakaan yang tak diinginkan. Di situlah sebuah keseimbangan diperlukan.




Baca juga :


No comments:

Post a Comment