Sunday, May 26, 2013

Pesawat Baru N-219 Rancangan PTDI


pesawat-n-219
(Pesawat Asli Buatan Indonesia N-219)
Di tengah berbagai kesibukan karena banyaknya job, baik dari perusahaan mitra maupun dari pihak pemesan, ternyata PT. Dirgantara Indonesia (PTDI) juga tengah mempersiapkan pembuatan pesawat terbang baru yang murni buatan anak negeri yang diberi nama pesawat N-219. Bahkan untuk saat ini persiapannya sudah bisa dikatakan sudah final karena sudah melalui serangkaian percobaan di wind tunnel. Sebenarnya ini bukanlah kabar yang baru, karna perencanaan dan persiapannya telah dimulai semenjak beberapa tahun silam, tepatnya di tahun 2006. 

Pesawat ringan tersebut meskipun dengan desain sederhana (tak secanggih N-250), namun masih memiliki peluang pasar yang bisa dikatakan cukup ada peluang, terutama sekali untuk negara-negara kepulauan yang berbukit-bukit sebagaimana Indonesia sendiri. Lebih jauh lagi, pesawat ini juga nantinya akan dimanfaatkan sebagai media pelatihan bagi para tenaga terlatih PTDI untuk mendapatkan sebuah pengalaman secara sempurna sebuah proses pembuatan pesawat dari tahap nol hingga pesawat bisa terbang.

Kode N-219 ini sendiri bukan sesuatu yang sifatnya asal-asalan atau kebetulan. Kode “N” berarti “Nusantara” yang berarti bahwa pesawat tersebut murni buatan anak negeri, Indonesia. Kode “2” berarti bahwa pesawat ini nantinya akan mengusung dua buah engine (mesin), yang lebih tepatnya akan memakai mesin propeller (baling-baling). Sedangkan kode “19” merupakan angka yang dipakai untuk menyebutkan bahwa pesawat serba guna ini mampu mengangkut 19 penumpang.

Kabarnya, sebuah maskapai plat merah sudah menyatakan kesediaannya untuk memesan beberapa unit pesawat ini. Jika tidak ada halangan yang berarti, mungkin satu atau dua tahun lagi pesawat ini sudah bisa diproduksi yang mana rencananya satu unitnya akan dibanderol 4 juta USD. Kita tunggu saja.


Spesifikasi Umum
Kegunaan/misi                             : kargo dan angkut sipil (bahkan bersifat multiguna)
Kapasitas penumpang                 : 19 orang (dengan pengaturan kursi 3 berbanjar)
Kebutuhan panjang landasan       : 600 m untuk take-off, dan di bawah 600 m untuk landing
Powerplan                                  : 2 buah turboprop

Performa
Kec. maksimum                 : 395 km/jam
Kec. Ekonomis                  : 352 km/jam
Jangkauan terbang              : 1.580 nautical mille
Berat take off maksimum    : 7.270 kg
Muatan maksimum             : 2.500 kg
Kec. Menanjak                  : 2.300 kaki/menit



tulisan terkait :

1 comment: