Thursday, January 15, 2015

Pengaruh Air Hujan Pada Kinerja Engine



Pengaruh Air Hujan Pada Engine - Proses pembakaran di dalam ruang bakar (combustion chamber) menjadi bermasalah bila jumlah oksigen sedikit. Ini karena yang namanya pembakaran tak akan pernah terjadi manakala tidak terdapat oksigen yang memadai. Pertanyaan berikutnya adalah dengan masuknya air hujan ke dalam engine apakah bisa menyebabkan kurangnya pasokan oksigen ? sesungguhnya air yang melewati engine inlet menuju ke ruang kompresor akan berubah menjadi uap oleh karena suhu di sana (kompresor) setidaknya sudah di atas seratus derajat.
 
mesin-pesawat
Landasan Basah
Dengan adanya uap air tersebut intensitas udara akan meningkat sehingga akan mamaksimalkan proses pembakaran sehingga gaya dorong yang dikeluarkan melalui exhaust nozzle semakin kuat. Keuntungan yang didapat dengan thrust yang besar adalah kebutuhan panjang landasan yang pendek terutama sekali saat proses lepas landas. ( baca juga : n219 airplane )

Bahkan pada pesawat tertentu (misalnya Fokker 27) justru sengaja dipasang water injection pada inlet kompressornya supaya pasokan udara menjadi melimpah. Selain air juga bisa ditambahkan etanol (alkohol) untuk mempercepat proses penguapan karena tentunya udara di ketinggian terbang akan sangat dingin (bisa di bawah nol derajat). Hanya saja dalam kajian fikh islam disebutkan bahwa memanfaatkan barang najis adalah haram sedangkan etanol adalah najis (karena zatnya) sehingga lebih baik untuk dihindari seraya mencari zat lainnya yang diperbolehkan syariah.


Artikel Terkait :

 

No comments:

Post a Comment